Senin, 20 September 2010

Contoh Resensi Novel

Aku dan Cintaku Ada Antara Dua Orang Saudara




Judul novel : Spicy Love
Pengarang : Niratisaya
Penerbit : Puspa Swara, Anggota Ikapi
Tempat dan tahun terbit : Jakarta, 2007
Tebal : 200 halaman


Niratisaya adalah seorang novelis muda yang baru memulai karirnya sebagai seorang novelis. Spicy Love merupakan novel karangannya yang kedua setelah novel sebelumnya yang berjudul My Toilet Prince. Selain menulis novel, Niratisaya adalah seorang mahasiswi di UNESA Surabaya. Kegemarannya pada negara bunga sakura yaitu Jepang membuat novel-novel karyanya lebih berbau Jepang, baik itu bahasa maupun dalam penokohannya.


Novel ini menceritakan tentang Randi, seorang cowok blasteran Jepang-Indonesia yang telah menutup hatinya kepada setiap wanita akibat dikhianati oleh pacarnya yang pergi bersama pamannya disaat ia akan melamar pacarnya tersebut. Malah Randi bertemu dengan pacarnya itu disaat pertemuan keluarga sebagai calon tantenya. Semenjak kejadian itu, dia tidak lagi tinggal dirumahnya. Namun sayangnya tekadnya itu tidak bertahan lama karena ia tiba-tiba jatuh cinta dengan adik sahabatnya bernama Chiara yang awalnya dibenci oleh Randi.
Namun disisi lain, Chiara ternyata telah pacaran dengan seorang kakak kelasnya yang bernama Yuuki yang tak lain adalah adik kandung dari Randi. Namun sayangnya hubungan Chiara dengan Yuuki tidak berjalan dengan mulus, karena Angie adik Yuuki dan Randi menghalanginya. Angie menginginkan agar Chiara pacaran dengan Randi karena hanya Chiara satu-satunya yang dapat mengembalikan senyuman Randi seperti semula.
Randi dan Yuuki memiliki hubungan yang renggang, ini dikarenakan kakek mereka selalu membeda-bedakan antara Randi dan Yuuki. Randi yang setelah mengetahui bahwa Chiara berpacaran dengan Yuuki semakin gigih mengejar cinta Chiara. Chiara bingung apa yang harus dia lakukan, dan dia begitu sedih dengan perubahan yang terjadi pada Yuuki setelah Yuuki tahu bahwa Randi mendekati Chiara. Kesedihan Chiara bertambah saat Fajar, kakaknya meninggal ketika mengendarai pesawat.
Setelah sekian lama, akhirnya Chiara sadar bahwa selama ini ternyata Yuuki hanya menganggap Chiara sebagai barang, Yuuki tidak pernah memperlakukan Chiara layaknya seorang pacar. Dan Chiara sadar selama ini Randilah yang benar-benar menyayanginya.
Jika dilihat sepintas mungkin setiap orang akan beranggapan bahwa cerita ini hanyalah kisah remaja biasa, padahal makna yang ada begitu mendalam. Salah satunya adalah kita harus berusaha keras untuk mencapai kebahagiaan, jangan pernah menyerah untuk menggapainya. Namun disayangkan ceritanya susah dipahami karena pada novel ini tempat-tempat kejadiannya yang berbeda disatukan didalam waktu yang bersamaan.
Gaya bahasanya mudah dimengerti karena memakai bahasa sehari-hari yang ringan. Namun didalamnya banyak terdapat kata-kata dari bahasa asing seperti bahasa Jepang dan bahasa Inggris, walaupun memang untuk bahasa Jepang terdapat terjemahannya dibagian bawah halaman.
Novel ini cocok untuk remaja, karena ceritanya menghibur dan berisi pelajaran-pelajaran kehidupan, bahwa untuk mencapai sebuah kebahagiaan kita harus berusaha dengan gigih, selain itu kita jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang ada didepan mata kita. Kelebihan-kelebihan lain pada novel inipun memberi nilai tambah bagi novel ini. Jadi belilah novel ini karena novel ini sangat bagus, isinya mengandung hal-hal yang dapat menjadi suatu pelajaran-pelajaran dikehidupan agar kita mencapai kebahagiaan.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar